Santo Eusebius dari Kremoana, Pengaku Iman

Santo Santa 5 Maret, Santo Eusebius dari Kremoana, Pengaku Iman

Santo Santa 5 Maret

Santo Eusebius dari Kremoana, Pengaku Iman

Putera bangsawan Kremona ini pada masa mudanyamendapat pendidikan yang sangat baik dari orang-tuanya. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Roma yang terkenal sebagai pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan pada masa itu. Di sana ia menjadi murid Santo Hieronimus yang ahli dalam bidang bahasa dan Kitab Suci.

Hieronimus kagum akan kesalehan, minat dan bakat Eusebius terhadap Alkitab dan ilmu-ilmu lainnya. Ia senang mendidik Eusebius, bahkan menganggapnya sebagai teman dan saudaranya. Eusebius mengikuti Hieronimus ke mana saja ia pergi, antara lain ke Yunani, Syria, Mesir dan Palestina. Akhirnya ia menetap di Betlehem, di biara yang didirikan oleh Hieronimus.

Di biara ini Eusebius berkembang pesat dalam kesempurnaan hiduprohani sebagaiu seorang rahib mengikuti teladan Hieronimus. Sekali peristiwa Eusebius berangkat ke Roma. Dalam perjalanannya itu, ia berjumpa dengan Rufinus, seorang imam yang menaruh dendam pada Hieronimus dan murid-muridnya.

Rufinus mecaci maki Eusebius sebagai salah seorang murid Hieronimus dengan kata-kata yang tidak sopan. Namun Eusebius yang saleh itu tidak memperdulikannya, bahkan membalas penghinan itu dengan menolong Rufinus. Eusebius meninggal dunia pada tahun 440.

Sumber gambar google.com

Kembali ke Santo Santa Bulan Maret

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url