Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santo Gregorios Penerang, Rasul

Santo Santa 10 Oktober, Santo Gregorios Penerang, Rasul

Santo Santa 10 Oktober

Santo Gregorios Penerang, Rasul

Gregorios dikenal sebagai rasul Armenia dan pendiri Gereja Armenia. Tempat kelahirannya tidak diketahui jelas tetapi beliau lahir kira-kira pada tahun 257. Ia dijuluki 'Penerang' karena membawa terang Injil kepada bangsa Armenia. 

Gereja menghormatinya sebagai santo pelindung Gereja Armenia. Menurut tradisi, Gregorios beristeri dan menjadi salah seorang anggota Dewan Pengadilan Raja Tiridates (259-314) di Armenia. Ketika diketahui bahwa Gregorios adalah misionaris Kristen yang giat mewartakan Injil bagi orang-orang Armenia, Tiridates menyiksa dan memenjarakan dia. Tetapi kemudian Tiridates sendiri bertobat dan dipermandikan.

Gregorios kemudian diangkat menjadi uskup di kota tua Ashtishat, yang berdekatan dengan kota Erzincan, Turki. Sebagai pemimpin Gereja Armenia, Gregorius mengutus banyak misionaris ke seluruh negeri dan mendidik putera-putera Armenia untuk menjadi imam. 

Pada tahun 303 Raja Tiridates menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi di Armenia. Dengan begitu Armenia menjadi negara Kristen pertama di kawasan itu. Pada hari tuanya, Gergorius menyerahkan keuskupannya kepada anaknya, lalu mengundurkan diri ke dalam biara. 

Ia meninggal dunia di propinai Taron, Armenia pada tahun 330.

Kembali Ke Santo Santa Bulan Oktober

Sumber gambar google.com


Terimakasih telah membaca artikel Santo Gregorios Penerang, Rasul, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Santo Gregorios Penerang, Rasul"

close